Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik

Authors

  • Baiq Ajeng Lala Wisma
  • Ida Ermiana
  • Lalu Hamdian Affandi

DOI:

https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3804

Keywords:

Gerakan literasi sekolah, pembetukan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah di SDN 1 Kuta dan untuk mengetahui karakter peserta didik kelas 5 yang terbentuk dalam implementasi gerakan literasi di SDN 1 Kuta. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas 5/A, dan peserta didik kelas 5/A SDN 1 Kuta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Gerakan literasi Sekolah di SDN 1 kuta berjalan dengan lancar. Bentuk implementasi gerakan literasi sekolah berupa dari (1) kegiatan membaca 15 menit sebelum memulai pembelajaran; (2) kegiatan wajib kunjungan ke perpustakaan; (3) pemanfaatan buku pojok literasi; dan (4) membaca bersama Al-Quran setiap hari jumat. Karakter peserta didik kelas V SDN 1 Kuta yang mengikuti gerakan literasi sekolah sudah baik. Rata-rata peserta didik karakter Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bernalar kritis, kreatif, dan berkhebinekaan global. Pembentukan karakter yang lebih baik disebabkan implementasi dari Gerakan Literasi Sekolah di SDN 1 Kuta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta. Bumi Aksara.

Erfan, M., Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Rosyidah, A. N. K., Oktaviyanti, I., Hamdani, I. (2021). Identifikasi wawasan literasi dasar guru dalam pembelajaran berbasis level kemampuan siswa. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1-18.

Ermiana, I., Umar., Khair, B, N., Fauzi, A., Sari, M, P. (2021). Kemampuan literasi numerasi siswa SD inklusif dalam memecahkan soal cerita.

Kusuma, M. W., Larasati, W., Risma, F. V., Sari, N., & Agustin, U. V. S. (2022). Pentingnya Penerapan Budaya Literasi Membaca dan Menulis Terhadap Prestasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 132-138.

Lestari, M. R. D. W., & Septianingrum, T. D. (2019). Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Dharma Karya. Jurnal Holistika, 3(2), 131-136.

Novarina, G. E., Santoso, A., & Furaidah, F. (2019). Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(11), 1448-1456.

Nuwa, G. G. (2020). Kemerosotan Moral Peserta didik Pada Masa Pandemic Covid-19: Meneropong Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam. Atta'dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1-17.

Puspasari, I., & Dafit, F. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(3), 1390-1400.

Rohman, S. (2017). Membangun budaya membaca pada anak melalui program gerakan literasi sekolah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 151-174.

Sutrisna, I., Sriwulan, S., & Nugraha, V. (2019). Pengaruh gerakan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa. Parole (Jurnal Penddikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(4), 527.

Suharsaputra, Uhar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4, 220-234.

Wardati, Z. (2019). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak pada Habib Alby Homeschooling. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(2), 261-280.

Wicaksono, A. G. (2018). Fenomena full day school dalam sistem pendidikan Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 10-18.

Zahroh, S., & Na’imah, N. (2020). Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 1-9. Doi: https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.514.

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Wisma, B. A. L. ., Ermiana, I. ., & Affandi, L. H. . (2023). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik . Journal of Classroom Action Research, 5(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3804

Issue

Section

Articles