Efektivitas Modul Elektronik terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Tingkat Sekolah Menengah Atas Kelas X
Authors
Ummu Ashyfah , Jamaluddin , Dewa Ayu Citra Rasmi , MahrusDOI:
10.29303/jcar.v5i1.3423Published:
2023-05-25Issue:
Vol. 5 No. 2 (2023): MeiKeywords:
Efektivitas, Modul elektronik, Hasil belajar biologi.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran sangatlah penting, salah satu contohnya adalah dalam penggunaan bahan ajar. Bentuk penyajian bahan ajar dilengkapi komponen multimedia yang memudahkan peserta didik dalam memahami materi biologi adalah modul elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul elektronik terhadap hasil belajar biologi peserta didik tingkat Sekolah Menengah Atas kelas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Mataram, dengan sampel kelas X-1, X-4, X-5, dan X-6 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi modul elektronik oleh ahli dan tes hasil belajar kognitif peserta didik dalam bentuk soal pilihan ganda. Rata-rata persentase hasil validasi modul elektronik oleh ahli media 92,7% dan ahli materi 91,45% dengan kesimpulan valid dan layak digunakan. Hasil analisis data menggunakan uji ANCOVA menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol (p= 0,022 < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan modul elektronik efektif meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik.
References
Adawiyah, R., Andayani, Y., & Savalas, L. R. T. (2022). Pengembangan Modul Kimia Etnosains Terintegrasi Model Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT). Journal of Classroom Action Research, 4(4).
Aeni, W.N., & Widodo, W. (2022). Penggunaan E-Modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP pada Materi Kalor. Pensa E-Jurnal :Pendidikan Sains, 10 (2), 193-202. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/44740
Darmawan, E., Yusnaeni., Ismirawati, N., & Ristanto, R.H. (2021). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Magelang: Pustaka Rumah Cinta.
Darmayasa, I.K., Jampel, I.N., & Simamora, A.M. (2018). Pengembangan E-Modul IPA Berorientasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (1), 53-65. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20267
Fajaryati, N., Nurkhamid., Pranoto, P.W., Muslikhin., & W.A.D. (2016). E-Module Development for The Subject of Measuring Instruments and Measurement in Electronics Engineering Education. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23 (2), 192-199. doi: 10.21831/jptk.v23i2.13187.
Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.
Hakim, L.N., Wedi, A., & Praherdhiono, H. (2020). Electronic Module (E-Module) untuk Memfasilitasi Siswa Belajar Materi Cahaya dan Alat Optik di Rumah. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3 (3), 239-250. doi: 10.17977/um038v3i32020p239.
Herawati, N.S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (e-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5 (2), 180-191. doi: https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.
Kahfi, M., Nurparida, N., & Srirahayu, E. (2021). Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Jurnal Petik, 7 (1), 68-69. Diambil dari https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.986
Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2 (2), 219-231. doi: http://dx.doi.org/ 10.32934/jmie.v2i2.75.
Kurniawan, C., & Kuswandi, D. (2021). Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital pada Pembelajaran Abad 21. Lamongan: Academia Publication.
Lestari, A., Ramdani, A., & Bachtiar, I. (2023). Validitas Modul Elektronik Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Dan Pemahaman Konsep IPA. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 137-143.
Mayer, R.E. (2009). Multimedia Learning 2nd Edition. Cambridge: Cambridge University Press.
Munir. (2012). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mutmainah., Aunurrahman., & Warneri. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Madrassah Tsanawiyah. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5 (3), 1625-1631. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952.
Nabillah, T., & Abadi, A.P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2 (1c), 659-663. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Oktafyani, A., Istiningsih, S., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Angka Perkalian Terhadap Minat Belajar Matematika. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 67-75.
Prabasari, J.S., ., M., & Wahyuningsih, D. (2021). Development of Electronic Modules (E-Modules) Based on Problem Based Learning on Additives and Addictive Substances to Improve Student’ Critical Thinking Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7 (Special Issue), 312-319. doi: https://doi.org/10.29303/jppipa.v7iSpecialIssue.1233.
Pribadi, B.A., & Putri, D.A.P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Puspitasari, A.D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7 (1), 11-25. doi: https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155.
Salfia, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Modul Interaktif Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Integral SMA Kelas XII. Jurnal Riset llmu Pendidikan, 1 (1), 12-18. doi: https://doi.org/10.56495/jrip.v1i1.62.
Saputra, D., Makki, M., & Zain, M. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Berbasis Dongeng Monyet Dan Kura-Kura Mata Pelajaran PPKN. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 75-80.
Simatupang, A. (2021). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Kota Jambi. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1 (3), 199-205. Diambil dari https://jurnalp4i.com/index.php/secondary/article/view/346
Sugianto, D., Abdullah, A.G., Elvyyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Jurnal Invotec, 9 (2), 101-116. doi: https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860.
Surjono, H.D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.
Wulandari, A.S. (2021). Pengembangan E-Modul IPA SMP/MTS Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Quran Berbantuan Simulasi Virtual pada Materi Tata Surya (Skripsi, UIN SUSKA Riau). Diambil dari https://repository.uin-suska.ac.id/53544/
License
Copyright (c) 2023 Ummu Ashyfah, Jamaluddin, Dewa Ayu Citra Rasmi, Mahrus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).