Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

Hardiantiningsih , Siti Istiningsih , Hasnawati

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3737

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis.

Articles

Downloads

How to Cite

Hardiantiningsih, Istiningsih, S. ., & Hasnawati. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(2), 297–303. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3737

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki pada abad ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 37 Ampenan . Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan design Nonequivalent Control group Design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 37 Ampenan yang berjumlah 60 orang terbagi menjadi dua kelas yang sekaligus sebagai sampel penelitian, Data penelitian dikumpulkan melalui observasi untuk mengukur keterlaksanaan model PBL dalam pembelajaran dan melalui tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Data hasil observasi dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif memperoleh skor rata-rata 82.95 dengan kategori sangat baik dan dPengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test dan diperoleh nilai t-hitung sebesar 2.458 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2.001. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel. Adapun nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.017 lebih kecil dari 0.05. Hasil ini menunjukkan  Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 37 Ampenan.

 

 

 

 

References

Aditama, W. B., Ramdani, A., & Khairunnisa, K. (2021). Penerapan Computer Based Instruction Model Simulasi dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 3(1), 30-45.

Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 6(1), 17-23.

Annisa, A., Asrin, A., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Kuripan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 620-627.

Ariani, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Universitas Kristen Satya Wacana: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 4 Nomor 3. Hal: 423.Doi:https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/28165/1 5957

Christina, L & Kristin, F. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 6 (3). Hal: 217. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230

Eggen, Paul, & Kauchak, Don., (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta. PT. Indeks.

Erza, V. L. P., Hatim, M., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Ts-Ts) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Flora Dan Fauna Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Semendawai Suku III Oku Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. JURNAL SWARNABHUMI: Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 3(2), 110-116.

Hadi, S. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Model PBL Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 133-137.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Helmon, A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Volume 2. Nomor 1. Hal: 38-53. DOI : https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/view/254

Mariam, P., & Lisnawati, C. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS Mahasiswa. SOSIOHUMANITAS, 22(2), 151-160

Muaffiani, A., Artayasa, I. P., & Merta, I. W. (2022). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Kasus pada Materi Zat Aditif dan Adiktif Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 120-126.

Mustaji. (2009). Pengembangan berpikir kritis dan kreatif dalam Beyer: Critical Thinking. Social Education, 45 (4).

Nurliana, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus III Cakranegara Tahun 2019/2020. Skripsi S1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Mataram. DOI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14917

Ramdani, A., Artayasa, I. P., Sulawanti, E. V., & Yustiqvar, M. (2022, December). Analysis of students' self-regulated learning in terms of gender using blended learning-based laboratory inquiry teaching materials. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2600, No. 1, p. 070008). AIP Publishing LLC.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Rodiyah, N. (2023). Implementasi Pembelajaran Biologi Berbasis Gambar Interaktif Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi PencemaranLingkungan. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 284-290.

Salsabilla, T. M., Darmiany, D., & Setiawan, H. (2022). Keterampilan Mengajar Guru Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran di SDN 3 Labuhan Lombok Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1811-1816.

Sugihartono, D., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi pendidikan.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suputra, K. Y., Sujana, I. W., & Darmawati, I. G. A. P. S. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(3), 423-431.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Verinsyah dan Fitria. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education. Volume 3. Nomor 2. Hal: 368-379. DOI : http://202001/JoBESV3I2/2766

Widiasworo, Erwin. (2018). Strategi dan pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia

Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019, December). Green chemistry based interactive multimedia on acid-base concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.

Zulva, M., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Si Bula (Stik Bilangan Bulat) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Kelas IV SDN 18 Cakranegara Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 812-820. Doi: https://doi.org/10.29303/jipp.v.7i2c.62

License

Copyright (c) 2023 Hardiantiningsih, Siti Istiningsih, Hasnawati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).