Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Authors

Ariskha Yuliana Arifin , Heri Hadi Saputra , Aisa Nikmah Rahmatih

Published:

2024-05-17

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Keywords:

Hasil Belajar IPA, Inkuiri Terbimbing, Media Diorama.

Articles

How to Cite

Arifin, A. Y., Saputra, H. H., & Rahmatih, A. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa . Journal of Classroom Action Research, 6(2), 278–286. Retrieved from https://www.jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/7560

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media diorama terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 37 Ampenan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 37 Ampenan tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 75 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh, yaitu teknik penentuan sampel yang dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel penelitian ini terdiri dari 38 siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan 37 siswa kelas V B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes tulis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji hipotesis, dan uji independent sample t-test untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan media diorama terhadap hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil posttest diperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPA pada kelas eksperimen (75,986) dan kelas kontrol (68,675). Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial (uji-t Independent sample t-test). Berdasarkan hasil analisis hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh nilai  = 2,519 >  = 1,992 pada taraf signifikansi 5% maka dapat disimpulkan bahwa  ditolak dan  diterima atau dapat diketahui dari nilai sig. (2-tailed) 0,014 < 0,05 maka  ditolak dan  diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media diorama berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 37 Ampenan Tahun Ajaran 2022/2023.

Author Biography

Ariskha Yuliana Arifin, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Ariskha Yuliana Arifin, Heri Hadi Saputra, Aisa Nikmah Rahmatih

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).