Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan Pada Siswa Kelas II SDN Rato Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

Nur Annisa , Darmiany , Awal Nur Kholifatur Rosyidah

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.2907

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Kesulitan Belajar, Penjumlahan, Maematika

Articles

Downloads

How to Cite

Annisa, N., Darmiany, & Rosyidah, A. N. K. . (2023). Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan Pada Siswa Kelas II SDN Rato Tahun Ajaran 2022/2023. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 161–167. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.2907

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan belajar matematika siswa kelas II SDN Rato khususnya dalam menyelesaikan soal penjumlahan. kesulitan siswa tersebut ditindaklanjuti dengan penerapan strategi guru untuk mengupayakan kesulitan menyelesaikan soal penjumlahan. Strategi dalam mengatasi permasalahan belajar dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan faktor penyebab yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan mendeskripsikan strategi guru untuk mengatasi kesulitan belajar matematika materi penjumlahan bilangan pada siswa kelas II. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek pada penelitian ini adalah 10 orang, meliputi 9 siswa kelas II yang kesulitan dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan 1 dari guru kelas II SDN Rato. Intrumen penelitian berupa lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan tiagulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal penjumlahan, dari 17 siswa di kelas II terdapat 9 siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal penjumlahan. Dibuktikan dengan kesulitan memahami konsep penjumlahan, contoh siswa kesulitan terhadap dasar-dasar dari penjumlahan seperti siswa belum paham simbol penjumlahan (+), belum paham makna menggabungkan angka. Kesulitan menghitung penjumlahan, ditandai dengan sulit menjumlahkan bilangan yang besar. Kesulitan menyelesaikan soal penjumlahan dalam bentuk pemecahan masalah cerita, contohnya pada saat siswa merasa sulit menentukan informasi yang terdapat pada soal (tidak bisa menuliskan apa yang diketahui), kesulitan menentukan langkah penyelesaian dari soal, kesulitan menentukan dan menghitung penjumlahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru mengatasi kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal penjumlahan pada siswa kelas II SDN Rato yaitu dengan menyesuaikan antara letak kesulitan dengan strategi seperti pemberian pengajaran remidial, motivasi belajar serta pembiasaan latihan soal penjumlahan.

References

Abdurrahman. (2012) Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Armanto, Fauzan, Hadi, (2002) Proses Pembelajaran Matematika Di Indonesia Bersifat Mekanistik. Jakarta.

Chusna, F. A. (2016). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah, 1 (1), 13-24. https://eprints.uny.ac.id/42790/

Mutmainah, M. (2022). Hubungan Verbal Bullying Dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas Tinggi Di SDN Gugus Campa Kecamatan Madapangga Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1). 964-969 https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/2895

Fansi, Y, C. (2020). Kesulitan Memahami Konsep Matematika Pada Siswa Sd Kelas 1 Di SDN Slawu 02 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah. 1 (1), 1-29 http://repository.unmuhjember.ac.id/11318/

Fauziah, U. N. (2019). Upaya Guru Dalam Pembelajran Matematika Kelas 1 SDN NEGRI 09 SISMPASAI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi, 02, 183–191. http://repository.uinjambi.ac.id/4444/1/REMA_WAHYUNIKA.pdf

Mukminah, Hirlan, & Sryani (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1V SDN 1 Anyar. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar. 1 (1). 1-14 https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/66

Rosidah, R., Affandi, L. H., & Rosyidah, A. N. K. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sdn 3 Terong Tawah Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(1), 28-38. https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas/article/view/439

Saima Putri Dongoran (2017) Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII-4 Smp Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok, Padangsidimpuan: Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/view/divisions/TMAT/2017.type.html

Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung . Alfabeta.

Sukmadinata, Nana. S. (2019), Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta. Sistem Informasi Pustaka

Sutisna. (2010). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Yapla Parung-Bogor. Jurnal ilmiah, 1 (1), 27-29 https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3256/1/SUTISNA-FITK.pdf

License

Copyright (c) 2023 Nur Annisa, Darmiany, Awal Nur Kholifatur Rosyidah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).