Pengaruh Penggunaan LKPD Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa

Authors

Triyana Zumratul , Ida Ermiana , Muhammad Tahir

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3067

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Lembar Kerja Peserta Didik, Hasil Belajar, PPkn

Articles

Downloads

How to Cite

Zumratul, T., Ermiana, I. ., & Tahir, M. . (2023). Pengaruh Penggunaan LKPD Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(2), 143–148. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3067

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan LKPD terhadap hasil belajar PPKn peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peseerta didik kelas V di SDN Inpres Pucuke tahun pelajaran 2022/2023. Jenis sampel yang digunakan adalah Non-Probability Sampling, dengan teknik Sampling Jenuh dan diperoleh 12 orang siswa sebagai sampel. Materi PPKn yang dipelajari yaitu perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai sila Pancasila. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan tes objektif. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, analisis regreasi sederhana, analisis koefisien korelasi dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pada hasil uji normalitas data pretest-posttest diperoleh selisih hasil belajar siswa sebesar 11,67. 2) Pada hasil analisis koefisien korelasi menunjukkan bahwa besar pengaruh hasil belajar PPKn siswa melalui penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yaitu 79%. 3) Pada hasil analisis uji hipotesi atau uji-t menunjukkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif PPKn materi perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai sila Pancasila siswa kelas V SDN Inpres Pucuke tahun pelajaran 2022/2023.

References

Affandi L. H., Hari, W., & Karmita, J. A. 2020. Pengaruh Ekspetasi Guru dan Sel- Efficavy Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas V di SD Gugus V Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020. Primary Education Journal, 1 (1), 19.https://journal.unram.ac.id/index.php /pendas/article/download/51/16

Arifin, Z. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Jiwandono I. S., Adi, S. & Khairunisa. 2021. Pengembagan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran PPKn Materi Hak Dan Kewajiban Untuk Kelas III SDN 3 Golong. Jurnal Scientiffic Of Mandalika, 2 (5), 205,213. https://cahayamandalika.com/index.php /jomla/article/download/358/2 80

Jiwandono I. S., Novita, R. D, & Khairunisa. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Value Clariication Tehnique (VCT) Tipe Percontohan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan PPKn Kelas IV SDN 3 Peresak Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Inovasi Penlitian, 1 (7), 1466,1467. https://stpmataram.ejournal.id/JIP/articl e/download/265/228

Jiwandono, I. S., & Khairunisa. 2020. Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif Untuk PPKn Jenjang Sekolah Dasar. Elementery School Education Journal. 4 (1), 12. http://journal.um- surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/vi ewFile/3970/2636

Jiwandono, I. S., Zaenul, A., & Khairunisa. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan games Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV Gugus 04 Kecamatan Praya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 6 (4), 711-712. https://stp-mataram.e- journal.id/JIP/article/download/265/228

Majid, Abdul. 2015. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nirfayanti & Ernawati. 2021. Workshop Pendidikan Matematika. Sumatra Barat. CV Insan Cendekia Mandiri.

Oktaviyanti, I., Vivi, W. & Ida, E. 2021 Analisis Kesuitan Guru Dalam Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Gugus I Kecamatan Gerung. Primary Education Journal. 2 (1), 74. http://journal.unram.ac.id/index.php/pe ndas/article/download/104/46

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif dalam Membuat Bahan Ajar Inoatif. Yogyakarta: iva Press

Rachmat, S., et.al. 2021. Belajar dan Pembelajaran. Jawa Barat. Edu Publisher.

Rispawati, Nurul, K. A. & Sukardi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman. 5 (2), 22.https://juridiksiam.unram.ac.id/index. php/juridiksiam/article/download/70/17

Setiawan. H & Giri, R. 2022. Pengembangan LKPD Berbentuk Cerita Bergambar. Journal of Classroom Action Research, 4 (1), 148. https://www.jppipa.unram.ac.id/index.p hp/jcar/article/download/1805/12 73

Sudiandika, K. A., Made, G. S, & Made, C. W. 2021. Efektifitas Model PBL Berbantuan LKPD Terhadp Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 9 (2), 209. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php /JJPGSD/article/viewFile/36111/20012

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; Alfabeta.

Zulfiati H.M, dan Elok Pawestri. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Jurnal pendidikan ke-SD-an. 6(3), 904-905. https://scholar.archive.org/work/hx25luc dojextosokfi3hqjmqy/access/wayback/htt p://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihay u/article/download/8151/pdf

Author Biography

Triyana Zumratul, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Triyana Zumratul, Ida Ermiana, Muhammad Tahir

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).