Hubungan Program Literasi Dasar Dengan Minat Baca Siswa

Authors

Yuli Srihartati , Husniati , Khairun Nisa

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3263

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Literasi Dasar, Minat Baca, Siswa MI Riadusshalihin NW.

Articles

Downloads

How to Cite

Srihartati, Y. ., Husniati, & Nisa, K. . (2023). Hubungan Program Literasi Dasar Dengan Minat Baca Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(2), 168–178. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3263

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan program literasi dasar dengan minat baca siswa kela V di MI riadusshalihin NW Gunung Wakul & MI Nurul Irsyad NW Pesantek. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan penelitian korelasional (Correlation Studeies). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas v di MI riadusshalihin NW Gunung Wakul & MI Nurul Irsyad NW Pesantek. Sampel penelitian ini yaitu seluruh populasi yang berjumlah 30 siswa atau menggunakan studi populasi. Instrumen penelitian berupa kusioner tipe skala likert. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program literasi dasar memiliki hubungan yang signifikan dengan minat baca siswa kelas V di MI Riadusshalihin NW Gunung Wakul & MI Nurul Irsyad NW Pesantek. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji product moment dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05. Selain itu program literasi dasar memiliki hubungan yang kuat dengan minat baca siswa ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,774 yang menunjukkan derajat hubungan antara variabel literasi dasar dengan variabel minat baca sebesar 74,7 %. Kemudian program literasi dasar memiliki hubungan yang positif dengan minat minat baca. Artinya semakin baik literasi dasar siswa maka semakin baik pula minat baca yang dimiliki siswa.

References

Apriliani, H. A, (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iii Sd Di Gugud 04 Masbagik. Universitas Mataram.

Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Clay,Ferguson. (2001) Komponen literasi dasar. www.bibliotech.us/pdfb/infiLit.Pdf.

Ekowati, D.W., Suwandayani, B. I. (2018), Literasi Numerasi Untuk Sekolah Dasar (Vol. 1). UMMPress

Faizah, D.U. dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar.Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI.

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadaiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8): 60-69

Hasni, L., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2022). Peran Guru Dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di Kelas IV MI Darul Hikmah Darek. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 60-66.

Kemampuan Literasi Dasar . (2016). Di Akses Pada 19 Juni 2022, dari

Kern, R. 2001. Literacy & Language Teaching. Oxford : Oxford University Press.

Khatimah, H. U. S. N. U . L. (2020). Pengaruh Kegiatan Lliterasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri 32 Buakang Kecamatan Sinjai. Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2020.

Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). Problematika Guru Dalam Melaksanakan Program Literasi di Kelas IV Sekolah Dasar. EduStrea: Jurnal Pendidikan Dasar, 3 (2), 31-37.

Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144.

Mulyoto, Galih. Mohammad Miftahusyai'an., Nur Hidayah Hanifah. (2020). Konsep Dasar dan Pengembangan Pembelajaran PPKn Untuk MI/SD. Jakarta. Public Institute.

Nopita, H. (2021). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di SDIT Instan Utama 2 Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Riau).

Palupi, A.N. Widiastuti, D. E., Hidayah, F. N., Utami, F. D. W., & Wana, P. R. (2020). Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar. Bayfa Cendekia Indonesia

Salma, A. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha. 7(2).

Shalihat, E., Zain, M. I., & Oktaviyanti, I. (2022). Implementasi Program Literasi Dasar pada Anak Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Sueca, I. (2021). Literasi Dasar: Bahan Literasi Berbasis Permainan Bahasa. Nilacakra

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Vol. 465). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 115-120

Suyono, S., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116-123.

Teguh, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1 (2), 6.

Wulandari, R. (2017). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman Al Hakim Internasional. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 6(3), 319-330.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding Of Biology Education, 3(1), 26-31.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2023 Yuli Srihartati, Husniati, Khairun Nisa

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).