Inovasi Pembuatan Kerupuk Ceker Ayam Berbasis Limbah Rumah Potong Ayam (RPA)

Penulis

Bulkaini , Djoko Kisworo , Wahid Yulianto , BRD. Wulandani , Haryanto , Akhyar Sutaryono , I Ketut Sumadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.4034

Diterbitkan:

2023-05-15

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Ceker Ayam, Kerupuk. Limbah Potong Ayam

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Bulkaini, Kisworo, D. ., Yulianto, W. ., Wulandani, B. ., Haryanto, Sutaryono , A. ., & Sumadi, I. K. . (2023). Inovasi Pembuatan Kerupuk Ceker Ayam Berbasis Limbah Rumah Potong Ayam (RPA) . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 81–84. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.4034

Abstrak

Kelurahan Sayang-sayang Kecamatan Cakranegara merupakan salah satu Kelurahan penghasil Limbah pemotongan Ayam berupa ceker ayam. Salah satu startegi untuk meningkatkan nilai jual ceker ayam yaitu diolah menjadi kerupuk ceker ayam. Tujuan dari program ini adalah meningkatkan nilai jual ceker ayam yang selama ini hanya dimanfaatkan dalam pembuatan soup dan bahan untuk menambah cita rasa bakso. Metode yang digunakan dalam melaksanakan program adalah metode Participatory Research Appraisal (PRA) yaitu bentuk metode yang melibatkan semua anggota mitra sasaran dalam melakukan melakukan program kerja. Dari program yang telah dilaksanakan, diperoleh hasil bahwa sekitar 21-28% anggota kelompok ibu-ibu PKK Kelurahan Sayang-sayang  siap untuk mengolah ceker ayam menjadi kerupuk ceker bernilai ekonomis. Hasil monitoring dan evaluasi menunjukkan bahwa inovasi pembuatan kerupuk ceker ayam  menjadi barang yang bernilai ekonomis secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan ibu-ibu PKK.

Referensi

Amertaningtyas, D., 2021. Pengolahan kerupuk “Rambak†kulit di Indonesia. Jurnal Ilmu-ilmu Peternakan 21 (3): 18 – 29.

Koswara S. Sulistyorini, M.Purba dan Nur Aini., 2017. Produksi Pangan untuk Industri Rumah Tangga: Kerupuk Kulit. Direktorat Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan, Deputi III, Badan POM RI, Jakarta.

Bulkaini dan Fahrullah, 2021. Petunjuk Teknis Pembuatan Kerupuk Ceker Ayam. Fakultas Peternakan Universitas Mataram.

Bulkaini M.Ashari dan Bulkaini , 2020. Pemberdayaan Masyarakat Pasca Gempa Bumi Melalui Sistem Intergrasi Kelompok Tani Ternak Sapi dengan Kelompok Remaja Masjid untuk Membangun Industri Peternakan Ramah Lingkungan Di Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara NTB. Laporan Program Pemberdayaan Desa Mitra Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Muin A.N., 2014. Pengaruh Perbedaan Bagian Kulit Dan Lama Perendaman Dalam Larutan Asam Cuka (Ch3cooh) Terhadap Kualitas Kerupuk Kulit Kerbau. Skripsi. Program Studi Teknologi Hasil Ternak, Jurusan Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin Makassar.

Raharja K.T, Pengaruh Penambahan Cakar Ayam Terhadap Mutu Sensori Dan Kadar Kalsium Kerupuk. Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NSC Surabaya. 3(1): 33-47.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).